Home » , » 8+ Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Fokus Seseorang

8+ Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Fokus Seseorang

8 Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Fokus Seseorang
Kemampuan berfokus adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sebab pada dasarnya, siapapun membutuhkan fokus untuk memastikan pekerjaan mereka selesai. Namun, meski telah mengetahui hal itu, nyatanya masih banyak orang yang tidak mengindahkannya.

Sebagian bahkan berupaya secara sadar melakukan sejumlah tindakan tertentu yang membuat mereka sulit berfokus. Alhasil, karena sering diulang-ulang, perilaku itu pun menjadi sebuah kebiasaan. Mungkin saja kamu tidak menyadarinya, tapi cobalah perhatikan kondisi dirimu saat ini. Yuk, di simak!

1. Tidak berusaha mengendalikan diri

Pengendalian diri merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga fokus. Seseorang yang dapat mengendalikan diri akan selalu fokus terhadap pekerjaannya. Oleh karena itu, kendalikanlah dirimu dan tetaplah fokus. Jangan biarkan pikiran kamu bercabang tak karuan dan jangan pula biasakan dirimu melakukan sesuatu tanpa kamu sadari. Hakekat hidup adalah pengendalian diri, kata beliau, KH. Ma’ruf Islamuddin.

2. Tidak mencari penyebab dari suatu masalah

Suatu hal kadangkala berjalan tidak sesuai dengan rencana, namun kamu tidak boleh membiarkan itu terjadi tanpa kamu pelajari penyebabnya. Seperti halnya dalam masalah fokus, kamu perlu mencari sebab kenapa kamu tidak bisa fokus secara optimal. Mungkin karena partner kerja kamu yang tidak menyenangkan, suhu yang terlalu panas, atau karena kekurangan tidur. Apapun itu, kamu wajib membiasakan mencari sebab dari suatu masalah. Karena ketika kamu tahu apa masalahnya, kamu bisa dengan mudah mencari solusinya. Orang cerdas menyelasikan masalah, orang jenius mencegah masalah.

3. Tidak melakukan persiapan

Persiapan mempunyai peranan yang penting terhadap sukses tidaknya kegiatan yang kamu lakukan. Sama halnya dalam melakukan pekerjaan, kamu perlu menyiapkan segala hal untuk memastikan pekerjaan yang akan kamu lakukan bisa sukses. Kamu bisa mulai dari membuat rencana dan tenggat waktu dari kegiatan yang akan kamu lakukan. Hal ini akan membuat kamu lebih fokus dalam melakukan pekerjaan apapun itu.

4. Terlalu sering online

Distraksi paling banyak disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang terlalu sering online. Nah, jika kamu ingin lebih fokus saat melakukan pekerjaan, maka kamu wajib menjauhkan segala macam bentuk distraksi apapun itu, terutama yang datang dari notifikasi email dan sosial media. Kendalikan diri kunci utama. Selamat ya, yang dipondok, jarang bisa akses onine. Hehehe...


Baca Juga 7+ Cara Fokus Belajar Ala Santri


5. Terlalu memforsir tenaga

Sebagai mahluk biologis, istirahat sangat diperlukan untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari pekerjaan yang terlalu diforsir. Kamu tidak akan pernah bisa fokus jika tubuh kamu sedang capai. Jadi, ikutilah keinginan dari tubuh kamu dan ambillah istirahat sejenak untuk mengembalikan fokus kamu. Walaupun di pondok sekalipun bukan alasan ya sob,.

6. Multitasking

Multitasking tidak akan membuatmu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Sebaliknya, multitasking justru akan menurunkan jumlah dan bahkan kualitas dari pekerjaan kamu. Jadi, usahakanlah untuk mengerjakan pekerjaan kamu satu demi satu. Fokus satu pekerjaan sampai selesai, setelah itu baru bisa berpindah ke pekerjaan lain.

7. Membiarkan meja harianmu berantakan

Situasi lingkungan kerja mempunyai pengaruh tersendiri terhadap kemampuan kamu dalam berfokus, termasuk situasi dari meja kerjamu. Jika meja kerjamu dalam keadaan berantakan, maka bisa dipastikan kamu akan sulit untuk fokus menyelesaikan pekerjaan kamu.

8. Tidak menentukan deadline

Menentukan deadline dari suatu pekerjaan dapat membuat kamu lebih fokus dalam menyelesaikannya. Jika kamu tahu kapan seharusnya suatu pekerjaan selesai, maka kamu akan lebih termotivasi untuk fokus segera menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu. Tulis semua jawal keseharianmu agar selalu ingat dengan tanggung jawabmu.



Nah, itu tadi 8 kebiasaan yang dapat menurunkan daya fokus seseorang. Semoga setelah mengetahuinya kamu dapat menjadi semakin sadar untuk menghindari setiap kebiasaan yang bisa mengurangi daya fokusmu. Siap?




Khoris A
Thank you for reading the article entitled 8+ Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Fokus Seseorang
                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Goresan Pena Santri Updated at: November 20, 2017

1 komentar : 8+ Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Fokus Seseorang