Home » , » 7+ Cara Fokus Belajar ala Santri

7+ Cara Fokus Belajar ala Santri

 7+ Cara Fokus Belajar ala Santri, Sudah Coba?
Setiap orang tentu pernah merasa kesulitan untuk fokus saat belajar, tak terkecuali kamu. Baik itu karena pengaruh pikiran yang tidak menentu, suara obrolan orang lain, hingga perasaan lapar yang menghampiri. Apapun itu, semuanya jelas dapat mengakibatkan kegiatan belajar kamu menjadi terganggu bahkan tidak produktif. Sehingga, untuk mengatasinya, kamu mesti mencoba berbagai cara fokus belajar yang sudah terbukti dan bekerja pada orang lain.

Lalu, cara seperti apakah itu yang dimaksud? Apakah benar cara tersebut dapat membuat kamu fokus saat belajar? Nah, daripada kamu bingung sendiri, mending langsung aja nih kamu cek 7 cara fokus belajar berikut.

1. Jauhi segala bentuk distraksi

Sebelum belajar, kamu wajib menjauhkan segala macam hal yang dapat menganggu fokus kamu. Sejumlah alat elektronik seperti handphone, televisi, radio, dan komputer merupakan beberapa diantaranya. Selain itu, pilihlah tempat yang sepi dan bebas dari gangguan suara. Sebisa mungkin hindari akses orang lain untuk berbicara denganmu di saat belajar. Semakin sering kamu memberi kesempatan orang lain menganggu waktu belajarmu, maka semakin sulit kamu untuk fokus. Oleh karena itu, jika perlu berikan tanda “jangan ganggu” di pintu ruangan kamu saat belajar, sehingga nanti orang lain bisa mengerti dan mengurungkan niat mereka untuk menganggumu.

2. Sediakanlah beberapa keperluan makan dan minum sebelum belajar

Kegiatan belajar yang kamu lakukan akan menguras cukup banyak energi. Sehingga cepat atau lambat kamu akan merasa haus bahkan lapar. Nah, daripada kamu harus mencari makan atau minum ditengah proses belajar, jauh lebih baik apabila kamu menyediakan semua keperluan perutmu itu sebelum memulai belajar.

Dengan begini, kamu tidak akan kehilangan tingkat fokus yang sebelumnya sulit kamu raih. Pasalnya, menurut penelitian, otak manusia membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengembalikan fokus pada pekerjaan yang sempat terganggu. Alasan ini jugalah yang menjadi sebab mengapa para ahli melarang seseorang melakukan multitasking.

Baca Juga 7+ Alasan Mengapa Memilih Pesantren Untuk Pendidikan Anak

3. Memilih waktu yang tepat merupakan satu cara fokus belajar yang juga terbukti ampuh

Tidak ada yang lebih mengenal kamu selain dirimu sendiri. Hal ini berarti hanya kamulah orang yang mengerti kapan waktu yang paling efektif bagimu untuk belajar. Secara umum, ada dua tipe orang di dunia ini yaitu morning persondan night owl. Morning person adalah mereka yang mudah bangun sekaligus bersemangat menjalani di aktivitas di pagi hari. Sebaliknya, night owl merupakan tipe orang yang merasa lebih baik dan bersemangat beraktivitas di malam hari.

Nah, sekarang coba lihat dan perhatikan keadaanmu selama ini. Apakah kamu termasuk orang yang lebih fokus dan bersemangat kerja di pagi hari atau justru di malam harinya? Setelah tahu jawabannya, maka mulailah mengatur waktu belajarmu sesuai dengan tipe kebiasaan yang kamu punya.

4. Menjawab pertanyaan yang terus menerus muncul di pikiranmu

Satu cara fokus belajar berikutnya adalah dengan menjawab berbagai pertanyaan yang mengganggu fokus pikiran kamu saat belajar. Biasanya berupa kekhawatiran di masa depan atau beberapa pertanyaan tertentu yang memicu rasa penasaran. Jika pertanyaan yang menganggu itu terus menerus muncul di pikiranmu, maka sebaiknya jangan dilawan. Akan tetapi, terimalah semua pertanyaan itu dan cobalah untuk menjawabnya juga di dalam pikiranmu. Saran ini mungkin terlihat bodoh, tetapi sebenarnya cukup efektif.

5. Buat fisikmu tetap aktif bergerak jika kamu punya tipe gaya belajar kinestetik

Terkadang beberapa orang benar-benar merasa gelisah saat melakukan aktivitas yang minim pergerakan. Orang seperti ini termasuk dalam kelompok orang dengan gaya belajar kinestetik. Artinya mereka butuh melakukan sesuatu yang melibatkan fisik mereka. Sementara aktivitas belajar kebanyakan justru membuat mereka merasa seperti tidak melakukan apa-apa.

Apabila kamu termasuk salah satunya, maka sesuaikanlah cara belajarmu dengan sifat alami yang kamu miliki. Kamu bisa menyesuaikan-nya dengan membawa serta bola kasti dan memantulkan-nya ke dinding ruangan saat belajar. Atau kamu juga bisa belajar sambil berputar-putar mengelilingi ruangan, melakukan push up di beberapa jeda waktu, hingga bermain spinner fidget. Apapun itu, lakukanlah selama kamu merasa nyaman dan mampu menyerap pelajaran dengan baik.



6. Jauhkan dirimu dari pikiran negatif

Tidak ada manfaat sama sekali dari menyimpan pikiran negatif di otakmu. Apalagi ketika kamu tengah berusaha fokus untuk belajar. Pikiran negatif seperti tidak ada gunanya belajar, aku terlalu lelah untuk belajar, atau aku sama sekali tidak berfokus merupakan sejumlah contoh pikiran negatif yang akan mencegah hal-hal yang baik datang menghampirimu.

Jika di saat proses belajar kamu dihantui oleh sejumlah pikiran negatif, maka berhentilah sejenak untuk mengosongkan pikiranmu lalu lanjutkan lagi kegiatan belajarmu. Jangan sampai kamu membiarkan pikiran negatif terus berada di kepalamu hingga menyeret kamu untuk setuju dengan pikiran tersebut. Bila sudah demikian, maka kondisi pikiran yang fokus akan sangat sulit untuk kamu raih.

7. Buatlah dirimu semangat dengan orang-orang yang kamu sayangi

Memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik. Membuat orang yang menyayangi kita merasa senang nantinya atas hasil kerja keras kita dalam belajar. Buatlah mereka sesosok motivator dalam hidupmu, yang selalu dapat memotivasimu dalam segala hal. Membuat betapa berartinya mereka bagi kita. Sehingga kita mati-matian untuk menjadi yang terbaik bagi mereka.

Jadi bagaimana, sob? Pernahkah kamu melakukan salah satu atau beberapa cara fokus belajar di atas? Boleh dicoba kok..?



Khoris A











Thank you for reading the article entitled 7+ Cara Fokus Belajar ala Santri
                                    Forum Blogger Indonesia                               
    Goresan Pena Santri Updated at: November 18, 2017

0 komentar 7+ Cara Fokus Belajar ala Santri